Perawatan Genset

Genset ditemukan oleh Michael Faraday dan Rudolp Diesel. Pada tahun 1831 Faraday menemukan induksi elektomagnetik yang berkembang menjadi Generator Modern. Sedangkan Rudolph Diesel menemukan Generator Diesel dan mengeluarkan hak paten mesin pada tahun 1892.

Generator set atau genset adalah mesin penghasil listrik yang biasa digunakan oleh Bank, Rumah Sakit, Hotel, biasanya digunakan sebagai listrik cadangan saat listrik PLN padam. Komponen utama dari Genset adalah mesin, alternator, system bahan bajar, voltage regulator, pendingin, system pelumas, charger baterai, control panel, dan frame. Cara kerja genset sendiri adalah merubah energy mekanik dari sumber eksternal menjadi energu listrik. Berdasarkan kecepatan proses mesin diesel dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Diesel kecepatan renda < 400 rpm
  2. Diesel kecepatan mengegah 400-1000 rpm
  3. Diesel kecepatan tinggi > 1000 rpm

Apa saja manfaat genset selain untuk energy cadangan saat listrik padam? Genset biasa digunakan untuk pekerjaan luar ruang yang jauh dari sumber listrik seperti konser di lapangan terbuka,karena genset menggunakan bahan bakar solar.

Memiliki genset juga harus mengetahui bagaimana cara untuk melakukan perawatan genset atau maintenance trafo, karena genset mudah sekali rusak kalau perawatan tidak dilakukan secara rutin apalagi genset terserbut sering digunakan. Tips merawat genset :

  1. Taruh ditempat kering. Meletakan genset harus di tempat kering dan tidak terkena terik matahari, karena jika genset terkena genangan air bisa mendatangkan sengatan listrik dan mengeluarkan percikan api.
  2. Jaga kebersihan genset. Menjaga kebersihan genset dengan membersihkan debu, kotoran dan tangki bahan bakar secara rutinĀ  akan menjaga radiator genset agar tidak mudah rusak.
  3. Ganti spare part genset. Mengganti sparepart genset ini harus dilakukan apabila sudah aus dan lama karena ini kalau tidak digantii akan membuat komponen lainnya ikut rusak dan membuat genset tidak bisa digunakan lagi .
  4. Penggunaan genset dengan benar. Saat menggunakan genset harus tahu bagaimana cara menggunakannya dengan baik. Jangan lupa untuk membaca buku petunjuk penggunaannya.[hb]