Bagus Mana, Susu Almond vs Susu Sapi?

Sunday, May 12th, 2019 - Food
Advertisement

Pasti banyak yang sudah tahu jika susu sapi merupakan sumber dari banyak macam vitamin serta mineral. Bukan rahasia lagi jika susu sapi adalah minuman yang sehat dan bergizi. Kandungan di dalamnya pun bermacam-macam, antara lain: kalori, protein, karbohidrat, asam folat, vitamin, mineral seperti kalsium, dan lemak. Sedangkan di sisi lain, susu Almond adakah produk buatan manusia yang dapat digunakan untuk mengganti susu sapi. Dikatakan ‘susu Almond’ karena memang nampak seperti susu, meski tidak mengandung susu sama sekali.

Lalu, apa perbedaan susu sapi dan susu Almond sehingga susu Almond bisa dikatakan bisa menggantikan susu hewani tersebut?

Perbedaan Susu Sapi dan Susu Almond :

1. Sumber

Disebut ‘susu sapi’ karena memang diperoleh langsung dari sapi. Namun, sebelum siap dikonsumsi, susu perlu menjalani beberapa proses. Salah satunya: pasteurisasi. Sedangkan susu Almond, susu ini bisa Anda buat sendiri. Bahkan, tidak perlu memakai teknik khusus. Hanya perlu direndam dalam air semalam, lalu, dihaluskan menggunakan blender. Jangan lupa menambahkan air secukupnya. Kemudian, saring cairan yang dihasilkan dari Almond yang telah diblender tadi. Jadilah, susu Almond siap konsumsi!

Umumnya, dengan menggunakan 500 gram Almond, dan bisa mendapat susu setidaknya 2 liter. Jika tidak ingin kerepotan membuat sendiri, Anda bisa menikah jenis susu ini di supermarket dengan varian banyak rasa.

susu almond

2. Penggunaan
Untuk mengonsumsi keduanya, Anda bisa menyimpannya lebih dulu di lemari es. Lebih dulu, susu sapi harus dipanaskan sebelum dikemas untuk membunuh bakteri, sedangkan susu Almond, tidak perlu dipanaskan.

Perlu diperhatikan, untuk bayi yang masih membutuhkan susu formula, susu Almond ini tidak bisa menggantikan susu yang berasal dari sapi. Alasannya, karena tidak mampu memberikan nutrisi yang berfungsi optimal untuk pertumbuhan bayi. Beda lagi jika Anda memberikan susu Almond untuk anak-anak maupun dewasa, justru dianjurkan karena bisa memberikan bermacam Manfaat bagi kesehatan. Susu ini paling cocok dikonsumsi pada orang yang mengalami intoleransi laktosa dan sebagai pengganti sus sapi.

Sebagai catatan, Anda perlu berhati-hati karena tidak semua orang cocok mengonsumsi susu Almond. Sebagian, ada yang alergi. Alergi susu Almond akan menimbulkan gejala-gejala seperti: ruam atau gatal-gatal pada kulit, bengkak, kesulitan menelan, diare berat, tinja berdarah, mudah tersinggung. Bahkan dam kasus parah, bisa menyebabkan anafilaksis.

3. Manfaat Bagi Kesehatan
Secara keseluruhan, sebenarnya, keduanya sama-sama dapat memberi Manfaat bagi kesehatan.

Susu Almond karena tidak mengandung lemak jenuh, maka kandungan kalorinya juga rendah sehingga bisa dijadikan alternatif susu sapi. Susu Almond memang bebas kolesterol, namun susu sapi justru mengandung kolesterol. Namun susu sapi juga punya keunggulan karena mempunya kandungan semua asam amino esensial yang berguna bagi tubuh untuk keperluan sintesis protein. Sedangkan susu Almond tidak mempunyai kandungan asam amino esensial tersebut.

Dan persamaan antara keduanya adalah adanya sumber vitamin D dan A yang sangat signifikan meningkatkan penyerapan kalsium dari susu tersebut. Keduanya juga mempunyai kandungan mineral, tembaga, zinc serta selenium.

Berbeda dengan susu sapi yang perlu didihkan, susu Almond bisa langsung dikonsumsi sehingga tidak kehilangan vitamin atau mineralnya.

Advertisement
Bagus Mana, Susu Almond vs Susu Sapi? | admin | 4.5