Mata Uang Asing Terbaik Untuk Investasi Valas

Manfaat investasi valas

Investasi valas baru-baru ini lebih banyak dipilih karena ketidakpastian ekonomi tengah menyelimuti dunia. Pandemi yang berlangsung berlarut-larut ini menyadarkan kita bahwa jangan menaruh investasi dalam satu keranjang. Kita dapat menggunakan investasi valas untuk menyeimbangkan portofolio yang kita miliki. Satu perbedaan antara saham dan valas adalah bahwa saham bergerak masing-masing. Sementara mata uang bergerak saling mempengaruhi, ketika mata uang yang satu naik maka yang lain pasti turun.

Manfaat investasi valas yang harus kita ketahui diantaranya adalah likuiditasnya yang sangat tinggi. Ini berarti kita dapat membeli, menjual atau menariknya kapan saja. Hal ini terjadi karena pasar mata uang sangat dinamis apalagi untuk mata uang populer seperti Dolar Amerika, Poundsterling atau Yen.

“Pelajaran penting dalam hidup ini adalah menabung”

Penting untuk memiliki strategi agar uang kita tidak kehilangan nilainya saat disimpan. Salah satu yang paling membantu adalah menempatkan tabungan dalam mata uang yang lebih kuat dengan risiko devaluasi yang lebih kecil. Salah satu alasan bagus untuk menyimpan uang dalam mata uang asing adalah stabilitas mata uang tertentu. Ini akan menjadi strategi yang baik untuk menukar uang dan menyimpannya dalam mata uang yang lebih kuat dan berkinerja lebih stabil.

Bagi mereka yang ingin lebih aman dalam berinvestasi atau bertipe konservatif, maka sebaiknya memilih produk tabungan valas atau deposito valas. Tabungan dan deposito adalah jenis investasi yang minim resiko, lalu darimana keuntungannya? Jangan khawatir dengan keuntungannya karena nilai mata uang cenderung terus menguat dari tahun ke tahun. Selain itu kita juga bisa mendapatkan keuntungan dari marjin harga beli dan harga jual plus tentunya bunga menarik yang ditawarkan.

Mata Uang Asing Terbaik

Jadi apa mata uang asing terbaik di dunia yang harus kita pertimbangkan untuk mengivestasikannya?

Dolar Amerika

Daftar mata uang asing yang menarik untuk diinvestasikan tidak akan lengkap tanpa menyebutkan dolar AS. Dolar AS adalah valas yang aman sebagai mata uang internasional.

Dolar AS adalah pilihan yang baik karena merupakan catatan Federal Reserve. Dengan AS menikmati hampir $2,2 triliun dalam utang Treasury dan ditambah dengan sekuritas senilai $1,5 triliun, Anda dapat melihat mengapa ini adalah mata uang yang menarik.

Krone Norwegia

mata uang terbaik

Mata uang lain yang aman dan berkinerja baik yang harus di pertimbangkan adalah mata uang Norwegia, krone. Mengapa krone Norwegia merupakan mata uang yang bagus untuk diinvestasikan? Ini karena Norwegia adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang memiliki kondisi fiskal yang kuat. Kualitas bagus lainnya dari krone adalah tidak terikat dengan mata uang asing lainnya. Krone tidak terpengaruh oleh kinerja fiskal yang buruk dari mata uang negara lain.

Dolar Singapura

Mata uang nasional Singapura juga patut diperhatikan. Negara ini merupakan salah satu negara dengan kinerja ekonomi terbaik di dunia dan juga salah satu pusat bisnis global teratas di Asia. Kinerja negara secara ekonomi berkontribusi besar terhadap stabilitas dan nilai dolar Singapura.

Euro

Mata uang yang stabil lainnya yang harus ada dalam daftar mata uang asing terbaik untuk menyimpan tabungan adalah euro. Uni Eropa berkinerja cukup baik secara ekonomi. Bahkan diprediksi berkinerja lebih baik dari Amerika Serikat dalam hal pemulihan dari dampak pandemi global. Ada juga yang memprediksi semester I tahun ini akan menguat nilainya. Analis mata uang merekomendasikan bahwa jika akan menempatkan uang dalam mata uang asing maka euro harus dieprtimbangkan paling atas.

Renminbi Cina

Bukan rahasia lagi bahwa Tiongkok sekarang menjadi kekuatan ekonomi dunia. Negara ini mengubah taktiknya dengan mengurangi ketergantungannya pada ekspor untuk mendorong perekonomiannya dan lebih fokus pada konsumsi domestik. Namun demikian, ekonominya tetap menjadi salah satu yang terkuat di dunia. Efek lain dari mengubah fokusnya pada konsumsi domestik adalah hal itu hanya akan membantu meningkatkan nilai renminbi.

Won Korea

Negara ini identik dengan kemampuan manufaktur yang mengesankan, mereka mampu meproduksi barang-barang elektronik dan industri yang telah mendapatkan pengakuan global. Faktor lain yang membuat won tetap kuat adalah posisi fiskal Korea Selatan yang luar biasa. Dengan pertumbuhan PDB 3,3 persen, negara ini cukup kuat untuk mendukung mata uangnya dan.

Dolar Selandia Baru

Selandia Baru memiliki kepemimpinan pemerintah yang kuat dalam menghadapi pandemi dan memenangkan perang melawan COVID-19. Dolar Selandia Baru adalah salah satu yang terkuat dan teraman di dunia saat ini. Negara ini bahkan berencana untuk menaikkan suku bunga untuk lebih meningkatkan cadangannya. Selandia Baru juga telah melakukan banyak reformasi yang akan membantu memperkuat dolar Selandia Baru.

Ringkasan

Menempatkan tabungan Anda dalam mata uang asing adalah pilihan yang bijaksana untuk diambil jika menginginkan kesempatan untuk lebih meningkatkan nilai uang dalam jangka panjang. Meskipun strategi investasi ini mungkin memiliki pro dan kontra, namun tetap layak dipertimbangkan sebagai bagian dari bagian portofolio investasi yang kita miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published.