Tips Menjadi Penulis Konten yang Berkualitas

Friday, April 12th, 2019 - Umum
Advertisement

Dalam membangun sebuah website atau media online maka konten memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilannya kelak. Tanpa konten yang berkarakter dan informatif, dapat dipastikan website tersebut akan gulung tikar karena tidak akan berhasil menarik pengunjung untuk datang. Maka disinilah kita membutuhkan peran seorang penulis konten yang berkualitas dalam membuat konten-konten yang menarik untuk memberi asupan artikel pada website yang kita bangun. Masalahnya kemudian adalah, untuk menemukan penulis yang demikian itu sungguh sulit.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri dalam memakai jasa penulis lepas, terkadang saya bertemu dengan penulis yang sangat jauh dari harapan. Untuk itu, bagi kamu yang hendak mmebuka jasa penulis, berikut ini tips yang bisa kamu perhatikan.

jasa penulis

Penulis harus mengerti topik artikel

Penulis seharusnya mengetahui topik apakah yang menjadi spesialisasinya dan topik apa yang tidak bisa ia kerjakan. Jangan ragu untuk menolak jika topik yang diminta tidak ia kuasai dan tidak mereka ngerti. Jangan memaksakan membuat artikel tetapi kemudian hasilnya sangat mengecewakan. Reputasi itu penting, terlebih pada dunia freelancer yang mendasarkan semuanya pada kepercayaan. Penulis yang tidak menguasai topiknya artikel yang dihasilkan akan sangat kentara, lebih baik asah topik yang dikuasasi dan jadilah ekspert di niche itu.

Kuasai Penulisan yang benar.

Menulis artikel tidak bisa disamakan dengan menulis chating dengan teman, penulis harus menguasai kaidah berbahasa yang benar. Perbanyak kosakata dan diksi sehingga artikel lebih enak untuk dibaca. Jangan menyingkat kata di dalam sebuah artikel, pergunakanlah kata-kata yang baku. Jangan pergunakan kata-kata gaul kecuali ditujukan bagi website dengan basis pembaca pop atau anak muda. Susun artikel sehingga menyenangkan ketika dibaca, karena banyak penulis menggaransi unik 100% dan lolos copyscape. Ia memang lolos tapi sama sekali tidak nyaman untuk dibaca. Penulis tersebut hanya mengganti kata-kata seperti mesin spinner artikel. Lebih baik lagi jika kamu menguasai penulisan sesuai kaidah SEO.

Jangan menjiplak!

Jangan mencontek!, ini adalah aturan dasar dalam pembuatan artikel sehingga jangan pernah mencoba untuk melakukannya. Ini sangat tidak beretika mengambil karya orang lain kemudian menjualnya dan diakui sebagai karya dirimu sendiri. Mengambil ide dari berbagai artikel fair untuk dilakukan, jangan sekalipun copy paste tetapi lakukanlah rewrite dengan gaya bahasa kamu sendiri.

Berkomitmen dan Terbuka pada Kritik

Ketika memutuskan mengambil pekerjaan, penulis harus berkomitmen untuk menyelesaikannya sesuai dengan perjanjian yang disepakati. Jika tidak memungkinkan, berilah kabar agar pemberi job tidak kelabakan saat artikel yang dimaksud tidak berhasil selesai. Disiplinlah dengan waktu, agar kita dipercaya dan memiliki reputasi yang baik. Terbukalah pada kritikan dan masukan itu demi kebaikan kamu sendiri. Cobalah pahami selera setiap klien lalu berikan yang terbaik.

Dengan semakin berkembangnya dunia digital, saya percaya kebutuhan akan jasa penulis itu tidak akan pernah surut. Untuk itu, persiapkan dirimu dan jadilah yang terbaik.

Advertisement
Tips Menjadi Penulis Konten yang Berkualitas | admin | 4.5