5 Penyakit Umum Anak – anak yang Bisa Dicegah dengan Imunisasi

Wednesday, June 19th, 2019 - Umum
Advertisement

Imunisasi bukanlah hal yang baru di kalangan orangtua tanah air. Meski begitu, sayangnya masih banyak orangtua yang mengabaikan kesehatan buah hati dengan tidak melakukan imunisasi pada anak. Diketahui bahwa imunisasi sendiri merupakan tindakan pencegahan yang melindungi imunitas tubuh terhadap jenis penyakit tertentu.

Imunisasi akan mencegah penyakit yang rawan menginfeksi anak – anak. Hebatnya lagi, imunisasi akan berdampak pada kesehatan si anak hingga kelak dewasa. Lebih baik mencegah daripada mengobati, inilah beberapa penyakit umum yang sering menjangkiti anak – anak dan bisa dicegah dengan imunisasi:

1.Hepatitis B
Penyakit Hepatitis B masih menjadi penyakit menular yang sangat berbahaya. Bahkan, lebih berbahaya ketimbang virus HIV. Penyakit Hepatitis B dapat diturunkan dari ibu hamil ke janinnya.
Sebagian besar ahli medis menyarankan agar ibu hamil mendapatkan imunisasi Hepatitis B sebelum melahirkan, selambat – lambatnya 24 jam persalinan.

HBV vaccine

2.Batuk Rejan atau Pertusis
Penyakit yang menyerang saluran pernapasan dan paru – paru ini dapat menjangkiti bayi berusia 0 – 1 tahun. Batuk rejan memiliki gejala antara lain seperti kejang – kejang, pneumonia, hingga masalah pernapasan dan komplikasi serius lainnya.
Imunisasi DPT dapat menjadi solusi pencegahan jika dilakukan sesuai anjuran dokter anak

3.Flu
Flu merupakan penyakit yang paling umum menyerang anak – anak dan dewasa. Imunisasi influenza dapat membantu melindungi imunitas tubuh dari serangan virus. Pada beberapa kasus, penyakit flu yang tidak ditangani secara serius pada penderita asma dan diabetes dapat menyebabkan kematian.

4.Campak
Penyakit campak dapat menular dari virus di udara. Jika sudah menyerang, kekebalan tubuh penderita dapat menurun dan memicu radang otak, pneumonia, hingga radang paru – paru yang berisiko kematian.

5.Polio
Imunisasi polio menjadi salah satu jenis vaksin yang harus diberikan kepada bayi dan anak – anak. Setiap tahun, penyakit polio menyerang ribuan orang di seluruh dunia. Virus polio dapat menular dengan sentuhan langsung atau air.
Ciri – ciri penyakit polio di antaranya: kaki terasa kaku dan lunglai, nyeri sendi, kelumpuhan bahkan kematian.

Sangat penting bagi buah hati mendapatkan imunisasi yang teratur sesuai anjuran dokter anak. Dengan tindakan pencegahan imunisasi diharapkan anak – anak dapat tumbuh dengan baik dan menciptakan generasi sehat di masa depan.

Advertisement
5 Penyakit Umum Anak – anak yang Bisa Dicegah dengan Imunisasi | admin | 4.5