Mengatasi Kulit Kepala Kering dengan Mudah

Monday, December 9th, 2019 - Umum
Advertisement

Paparan sinar matahari ternyata bukan hanya berbahaya untuk kulit wajah, namun juga bagi kulit kepala kamu. Meski ditutupi oleh rambut, kulit kepala sangat rentan terhadap paparan sinar matahari. Apalagi bila kamu memiliki jenis kulit kepala yang tergolong kering. Kamu wajib melakukan perawatan ekstra untuk kulit tetap sehat. Sebelum melakukan perawatan, kamu harus tau dulu nih ciri-ciri kulit kepalamu, supaya tidak salah dalam memberikan perawatan. Berikut ciri-ciri kulit kepala kering yang wajib kamu tau.

1. Rambut mudah rontok
Kulit kepala yang kering karena kurangnya kelembapan dan minyak dalam kulit kepala membuat, rambut mudah patah dan akhirnya rontok. Hal ini sering terjadi pada orang yang sering terpapar sinar matahari dan minim perlindungan. Sehingga ia banyak menerima sinar matahari langsung dan membuat minyak didalam kulit kepalanya berkurang.

2. Gatal dan bersisik
Kulit kepala kering juga ditandai dengan gatal yang tak tertahankan dikulit kepala dan juga mulai ada sisik/terasa kasar saat dipegang. Parahnya gatal ini bisa mengakibatkan kulit kepalamu menjadi infeksi bila tidak ditangani dengan cepat

3. Munculnya serpihan putih seperti ketombe
Saat kulit kepala kering mulai gatal, maka kita akan melihat serpihan kecil di atas rambut kita. Berbeda dengan ketombe, serpihan putih ini memiliki ukuran yang lebih kecil.

perawatan kulit kepala kering

Ketika kamu telah menemukan ciri-ciri diatas hendaknya kamu mulai melakukan perawatan agar kulit kepalamu tetap sehat. Perawatan kulit kepala kering bisa dilakukan dengan cara yang alami dan menggunakan bahan bahan disekitar kita. Selain itu kamu juga perlu memilih shampo yang sesuai dengan kulit kepalamu. Berikut perawatan kulit kepala kering yang bisa kamu coba.

1. Gunakan shampo yang tepat
Kulit kepala kering disebabkan oleh kurangnya minyak dan kelembapan dalam kulit kepala. Untuk itu kamu harus memilih shampo yang memiliki kandungan melembabkan. Agar kulit kepalamu gak semakin kering. Selain itu jangan pernah memakai shampo anti ketombe karena akan memperparah keringnya kulit kepalamu

2. Gunakan masker dari bahan alami
Penggunaan masker rambut bermanfaat untuk melembabkan kulit kepala dan membuatnya tetap sehat. Bagi kamu yang memiliki masalah kulit kepala kering kamu bisa membuat masker dari bahan alami. Seperti pisang, pisang memiliki zat alami yang akan membantu kulit kepalamu lebih lembab dan sehat. Pisang bisa dikombinasikan dengan minyak zaitun atau minyak goreng yang punya sifat anti jamur dan anti bakteri.

3. Mengkonsumi makanan sehat
Selain melakukan perawatan dari luar, tentunya kita juga harus melakuka. Perawatan dari dalam agar hasilnya lebih maksimal. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksian akan membantu memberikan kelembapan pada kulit kepala kamu yang kering. Alpukat bisa menjadi salah satu pilihan agar kulit kepala lebih lembab dan sehat. Alpukat juga bisa dijadikan masker kulit kepalamu, dengan menambahkan minyak zaitun pada alpukat yang telah dihancurkan halus. Lalu ratakan di kulit kepalamu. Setelah itu, bilas dan cuci hingga bersih.

4. Lidah buaya sebagai anti bakteri dan infeksi
Tanaman berwarna hijau dan berduri ini ternyata mengandung manfaat yang luar biasa. Tanaman yang kaya akan vitamin in bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerontokan pada rambut. Selain itu lidah buaya juga memiliki manfaat anti bakteri dan infeksi. Si hijau berduri ini juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, karena kandungan vitamin c dan antioksidannya yang tinggi.

Advertisement
Mengatasi Kulit Kepala Kering dengan Mudah | admin | 4.5